Monday, July 25, 2016

Perjuangan untuk mendapatkan PTN (1)

Halo guyssss!
Ga terasa ya sekarang gue udah mau kuliah.
sumpah.
padahal baru kemarin kayanya gue masuk SMA.

Alhamdulillah,
sekarang gue udah dapet kuliah di Universitas Brawijaya, Ilmu Administrasi Publik.
sumpah.. tragis bgt perjalanan gue dalam mendapatkan satu kursi di PTN.

Hm, begini ceritanya..
jadi,
pas bgt pada tanggal 9 April 2016, adalah pengumuman bahwa lulus atau tidaknya gue di SMA.
dan... pas gue liat pengumumannya di website sekolah gue, ternyata gue LULUS. karena gue melihat nomor ujian UN gue ada di dalam list anak-anak yang lulus.



abis liat pengumuman gue langsung ngasih tau orang tua gue kalo gue lulus SMA. Lalu, bapak dan ibu gue langsung memberikan gue selamat. tapi gue inget banget waktu itu bokap gue nyelametin gue dan ngomong gini "Selamat ya, Nak, kamu lulus SMA. Semoga aja bapak abis ini bisa dengar kamu bilang ke bapak 'Pak, aku lulus tes di UI'" gue pun langsung menelan ludah. dan gue pun baru inget... abis lulus SMA ini bukan waktu untuk bermain-main. karena lulus SMA itu belum apa-apa. yaaa gue seneng sih bisa lulus SMA, tetapi masih ada mimpi yang masih harus gue gapai. yaitu... lulus seleksi PTN.

2 hari kemudian, tanggal 11 April 2016, adalah hari dimana wisuda sekolah gue diselenggarakan. ga gede-gedean sih acaranya, gajauh-jauh kok. disekolah juga tempat ngadainnya.
dan di hari itu juga katanya nilai UN gue ketauan, dan juga hasil SNMPTN (jalur masuk PTN lewat undangan/PMDK). gue gaterlalu worry sih sama nilai UN gue. Karena, yang penting gue lulus. toh orang juga gaakan nanyain berapa nilai UN gue. tetapi orang bakalan nanya "lulus ga SNMPTN nya?". Nah, maka dari itu, gue lebih worry sama pengumuman SNMPTN.

tapi... gue udah gaberharap banyak sih.
soalnya waktu SNMPTN, gue milih :
1. Ilmu Hukum - Universitas Indonesia
2. Ilmu Hukum - Universitas Jendral Sudirman

karena gue pengen banget hukum, jadinya gue pilih tuh 22nya hukum prodinya pas SNMPTN.
Dan kenapa gue memilih UI? Ketinggian ya? Hahaha. emang!
Sebenarnya dari awal gue udah mau milih Hukum Unsoed (Universitas Jendral Sudirman) doang. udah.
tapi... berhubung guru BK gue nyaranin ke gue "Nak, kamu kan ikut jalur PPKB UI (Jalur undangan yang khusus buat UI doang), kamu mendingan undangannya milih UI aja. Soalnya, kalo 22nya dapet (PPKB dan SNMPTN), kamu bisa mengorbankan salah satu, tetapi yang kamu pilih juga UI UI juga kan...
trus gue mikir. Iya juga sih. Undangan kan gabisa ditolak. Ntar kan kalo gue nolak, sekolah gue di black list dari PTN yang gue tolak itu.
Nah, yang gue pikirin itu adalah. ketika gue milih hukum unsoed di SNMPTN gue, Hukum UI di PPKB gue, ntar kalo gue dapet 22nya? gimana? Nah, itu maksud dari guru BK gue mungkin.

sampai pada akhirnya.... gue memilih untuk go with nomor 1. UI Hukum di SNMPTN gue dan juga UI Hukum di PPKB gue.
yaudahlah gue berharap yang terbaik aja.
lagipula SNMPTN di ui hukum? gue dapet? mimpi banget!
tapi.. kalo di PPKB masih ada harapan lah ya...

dan sampailah pada pukul 13.00 WIB di tgl 11 April 2016 itu.
gue pun membuka website SNMPTN.
Ah sial.. error mulu!
pasti karena banyak yg buka.
Nah, karena kondisinya gue lg di sekolah buka pengumumannya, tiba-tiba ada temen gue yang teriak dari kejauhan "ANJIIIIR WOIII GUE DAPET SNMPTN!!!"
then i'm like.
damn,
somebody got SNMPTN.
is it possible for me to get it?
dan semakin lama, semakin banyak yang teriak-teriak.
tapi ada juga yang langsung menangis. Karena gadapet.
dan tiba-tiba temen gue Sella, Tiwi yang pada daftar di UI juga.... gapada dapet SNMPTN.
gue langsung...
yah.
maybe this isn't my time.
dan tiba-tiba gue udah bisa login.
dan lagi nunggu loading....
dan ternyata.
gue juga GA LOLOS SNMPTN.
gue langsung....
yaudahlah ya
masih banyak jalan menuju roma.

tapi makin lama kesedihan gue makin larut.
karena tau temen-temen gue rada banyak yang dapet SNMPTN.
sedangkan gue masih harus bimbel dan menghadapi SBMPTN dan tes-tes lain.

pulang-pulang gue langsung cerita ke bokap nyokap.
gue langsung nangis ditempat.
trus bokap langsung nasehatin gue.
bokap bilang, kalau gue harus berjuang keras buat tes-tes lain. dan bokap juga bilang, jangan terlalu ngarepin PPKB. karena PPKB kan cuman masukin nilai rapot, jadi lucky-luckyan  juga.

okay, so, i started to not thinking about the PPKB thing.

but d-day is come.
pengumuman PPKB.
ternyata gue dinyatakan TIDAK LULUS PPKB UI.
gue langsung ngedown.

dan masih ada 1 lagi jalur undangan lewat rapot yang gue daftar.
yaitu di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).
at least kalo udah dpt PNJ gue udah ada pegangan pas SBMPTN.
yakali gue ngedown pas SBMPTN gara-gara gadapet PMDK PNJ.
Oiya, pengumuman PNJ itu pas H-1 nya SBMPTN.
dan ternyata... pas tanggal 30 Mei 2016,
gue dinyatakan TIDAK LULUS PMDK PNJ.
gue sedih.
langsung nangis disaat itu juga.
bingung.
rasanya gue sia-sia banget belajar 3 taun dgn nilai rapot yang bisa dibilang lumayan...
tapi galulus undangan apapun?!
astaga!

mungkin gue emang ditujukkan oleh Allah untuk menghadapi SBMPTN, sehingga gue bisa mendapatkan yang lebih baik lagi.

lalu, gue habiskan liburan gue dari april sampai mei akhir dengan bimbel dan belajar buat tes SBMPTN.

dan sampai pada akhirnya tes SBMPTN pun datang.
tanggal 31 Mei 2016.
huft. jauh pula dapet lokasinya.
di SMAN 21 Jakarta, Jakarta Timur.
sedangkan rumah gue di Ciputat, Tangerang Selatan.
Lumayan lah 2 jam dijalan.







Pada tanggal 11 Juni 2016 gue ikut tes UMPNJ (Ujian Masuk Politeknik Negeri Jakarta)
dan Alhamdulillahnya gue LULUS.


seneng sih.
tapi kayanya bokap gaterlalu puas.
dan sampai pada akhirnya.. pengumuman SBMPTN pun datang.
dan.... disamping gue ada nyokap yang juga nungguin pengumuman gue.
trus gue bilang sama nyokap "Ma, aku takut deh kalo gadapet"
trus kata nyokap "Yasudahlah, ngapain takut. hadapi saja kenyataan"
Iya juga sih.
Kalo udah gagal ya mau diapain lagi.
Mungkin usaha gue emang kurang atau emang nasib gue.
dan ternyata...
gue dinyatakan TIDAK LULUS SBMPTN


gue ganangis kali ini.
karena gue tau. gue milihnya emang agak ketinggan universitasnya dan jurusannya.
dan mungkin aja gue emang gajodoh sama univ yang gue pilih di SBMPTN.

"yaudahlah ya, Nak. cari mandiri yang lain aja." kata nyokap. yang udah give up sama gue kayanya.
gue ngerasa sedih disitu.
karena gue ngerasa dianggap kayak bego banget sama nyokap gue.
i knew it, because i saw it in her face.
the way she talked to me.
sampai pada akhirnya bokap dateng ke rumah di sore hari itu juga,
abis balik dari kantornya dia,
dan gue habis diceramahin sama dia.
"gagal itu gaenak memang febi, rasanya memang sakit. bapak sudah tau dari cara kamu belajar. gamungkin dapat."
astagfirullah! Pak! tiap hari aku ke bimbel, belajar dirumah, itu bukan usaha namanya?!

Okay.
that hurts me a lot.

dan sampailah pada tanggal 30 Juni 2016.
katanya pengumuman SIMAK UI yang harusnya diumumin tanggal 1 Juli 2016, malah dimajuin.
jadi tgl 30 juni.
gue stress.
takut gadapet lagi.
takut ngecewain lagi.
dan ternyata...
gue dinyatakan TIDAK LULUS SIMAK UI 2016.


sedih banget rasanya.
gue ngerasa bego banget disini.
bokap gue udah kyk "Ya saya sih udah tahu... yaudah besok aja kita liat undipnya kaya gimana hasilnya"

iya,
masih ada UNDIP.
gue juga ikut mandiri itu.
dan.. pas tgl 1 juli 2016, dimana pengumuman UNDIP akan diumumkan.
gue bener-bener berharap banget disini.
gue pengen banget tanggal 6 Juli nanti, pas lebaran, ketika ditanya sama sodara-sodara "Udah dapet kuliah dimana?" pengennya sih jawabnya.. "di UNDIP hehehe".
tapi...
semuanya hanya mimpi.
gue dinyatakan TIDAK LULUS DI MANDIRI UNDIP.
bokap, nyokap, kakak, adik, semuanya udah pada give up sama gue.
nampaknya dimata mereka gue bener-bener gabisa masuk PTN samsek.
walaupun PNJ udah dapet ya, tapi beda.
itu kan D3.
tapi gue masih mau nyari PTN lain.
Karena gue yakin,
gue pasti bisa.

akhirnya gue cari mandiri-mandiri lain.
gue bilang sama bokap nyokap, "Ma, Pa, ada nih mandiri di Brawijaya, UNS, UNJ, UPN, UNY, Unsoed. Aku ambil yang mana aja ya?"
mereka jawab "terserah kamu"

"omg. they were truly giving up on me.
please...
support aku ma, pa.
aku yakin aku masih bisa."
kata gue dalam hati.

tiap hari gue cuman bisa nangis, belajar, solat, semua solat gue kerjain, mau tahajjud, duha, solat fardu juga. gue perbanyak baca Al Qur'an. Gue selalu bertindak baik sama nyokap bokap. gue gamau ngelawan-ngelawan mereka. Ngejawab-jawab apapun yang mereka suruh/bilang ke gue.

sampai pada akhirnya, i decided to go with mandiri UB, UNS, UNJ, dan UNY. oiya yang UNY itu pake nilai rapot.
ya gapapalah ya, coba aja sekali lagi coba pake yang nilai rapot. siapa tau jodoh.
dan sebenernya gue rada gaenak sama nyokap bokap ngikutin 4 jalur mandiri langsung.
tapi yasudahlah demi masa depan gue.

No comments:

Post a Comment